Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 18 September 2013

Permainan SepakBola


                 Bermain merupakan kegiatan untuk bersenang-senang atau sebagai alat rekreasi, dalam permainan selalu diiringi dengan gerakan. Dalam pendidikan jasmani permainan selalu menjadi kegiatan dalam melaksanakan praktek olahraga agar peserta didik tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran. Menurut Sutoto, dkk (1993:3) permainan merupakan cabang olahraga yang kita gunakan sebagai alat dalam usaha pendidikan.
Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua regu. Setiap regu berusaha mencetak gol sebanyak-banyaknya untuk memenangkan pertandingan. Alat yang digunakan dalam permainan sepakbola adalah bola sepak. Menurut Usli, dkk (2008:18) sepakbola merupakan olahraga beregu, satu regu terdiri dari sebelas orang pemain, tiap-tiap pemain mempunyai peranan masing-masing. Secara garis besar dalam sepakbola terdiri dari tiga pembagian peran yaitu, seperti pemain bertahan, pemain tengah, dan pemain penyerang.
                 Saat permainan sepakbola pemain selalu berusaha untuk mengusai pertandingan dengan selalu menjaga penguasaan bola, dan berusaha tidak melakukan kesalahan dalam permainan sepakbola. Menurut Soekatamsi (1994:3) sepakbola adalah permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang. Hampir seluruh permainan dilakukan dengan keterampilan kaki, kecuali penjaga gawang dalam memainkan bola bebas menggunakan anggota badannya, dengan kaki maupun tangannya.
10
 
                 Tujuan permainan sepakbola adalah untuk memenangkan pertandingan, maka setiap masing-masing regu berusaha untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha untuk menjaga gawangnya dari kebobolan. Menurut Agus Salim (2008:11) dalam sepakbola tim yang berisikan masing-masing 11 orang mengambil bagian dalam pertandingan. Berusaha menguasai dan menendang bola ke wilayah dan gawang dari lawan, jika usaha itu berhasil maka disebut sebagai telah mencetak gol. Tim yang paling banyak mencetak gol dalam waktu dua kali 45 menit akan menjadi tim yang memenangkan pertandingan.
                 Sepakbola merupakan olahraga masyarakat, karena dapat dimainkan dimanapun dan dimainkan oleh yang muda maupun yang tua. Tidak mengeluarkan banyak biaya karena permainan sepakbola hanya memerlukan sebuah bola sepak. Lebih lanjut Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani (2009:1) menyatakan cabang olahraga sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati dan digemari masyarakat karena olahraga ini mudah dilakukan, tidak memerlukan biaya yang tinggi serta dapat dilakukan oleh banyak orang. Selain itu, olahraga sepakbola juga merupakan cabang olahraga yang banyak dilakukan dalam mengisi materi kegiatan pendidikan jasmani di sekolah-sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar