Halaman

Cari Blog Ini

Senin, 28 Oktober 2013

Mengenal manfaat Stevia Rebaudiana


Daun Stevia Rebaudiana berfungsi menormalkan kadar gula darah bagi konsumsi umum

Khasiat Stevia bekerja dengan memperbaiki fungsi kelenjar pankreas agar dapat kembali memproduksi hormon insulin, dimana pada penderita diabetes terjadi gangguan metabolik seumur hidup berupa kelainan metabolisme glukosa karena gangguan produksi hormon insulin oleh sel beta pada pankreas.
Dengan adanya gangguan metabolik tersebut, tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup sehingga penyerapan zat gula atau glukosa akan terhambat dan menyebabkan kadar glukosa dalam darah akan berada pada konsentrasi yang tinggi (hiperglikemia)

Stevia Rebaudiana mengandung 3 jenis glikosida, yaitu Steviosida yang memiliki rasa manis, Rebaudiosida dan Dulkosida yang ketiganya terikat pada karbohidrat seperti rhamnosa, fruktosa, glukosa, silosa, arabinosa. Senyawa lain yang terdapat dalam daun stevia adalah Sterol, Tanin dan Karotenoid. Selain itu, Stevia Rebaudiana mengandung protein, serat, fosfor, besi, kalsium, kalium, natrium, magnesium, flavonoid, zat besi, zinc, Vitamin C dan vitamin A, dan terbukti bebas kalori

Pada orang Normal, Stevia aman digunakan sebagai suplemen diet bagi yang memiliki program mengurangi berat badan.
Stevia tidak dapat difermentasi oleh bakteri yang ada pada gigi sehingga tidak dapat menimbulkan karang gigi dan kerusakan gigi, dimana pada umumnya konsumsi glukosa berlebih dapat menyebabkan kerusakan gigi.
Stevia TIDAK MEMILIKI EFEK SAMPING karena Stevia bersifat menormalkan kadar gula darah sehingga tidak menyebabkan kadar gula tinggi (hiperglikemik) atau kadar gula rendah (hipoglikemik) sehingga aman dikonsumsi dalam waktu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar