Halaman

Cari Blog Ini

Kamis, 24 Oktober 2013

Tinjauan Tentang Kekuatan Otot


Pengertian tentang kekuatan otot menurut beberapa ahli:
1.      Suharno HP (1984: 16 dalam panji 2007:13) berpendapat, kekuatan otot ialah kemampuan otot untuk dapat mengatasi ketahanan/beban dalam menjalankan aktivitas olahraga.
2.      Mochamad Sajoto (1988: 45) berpendapat bahwa kekuatan otot adalah kemampuan otot atau kelompok otot untuk melakukan kerja, dengan menahan beban yang diangkat.
3.      Pelatih Nasional Bola Voli Tingkat Dasar (1993: 14) mengatakan bahwa strength adalah kemampuan otot untuk membangkitkan otot terhadap suatu beban.
7
Salah satu komponen kondisi fisik yang penting, guna mendukung komponen-komponen yang lainnya, adalah komponen kekuatan otot. Berdasarkan beberapa pendapat yang telah dikemukakan oleh para ahli di atas, akhirnya dapat disimpulkan bahwa, kekuatan otot adalah komponen kondisi fisik yang dapat ditingkatkan sampai batas sub maksimal, sesuai dengan kebutuhan dari tiap cabang olahraga yang memerlukannya. Berarti kekuatan otot ini merupakan komponen yang sangat penting guna meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan. Mengapa dikatakan demikian?
1.      Karena kekuatan otot merupakan gaya penggerak setiap aktivitas fisik.
2.      Karena kekuatan otot memegang peranan penting dalam melindung atlet dari kemungkinan cidera.
3.      Karena dengan kekuatan otot, atlet dapat lari lebih cepat, melompat dan menendang lebih jauh, serta memukul lebih keras, di samping itu pula dapat membantu stabilitas dari pada sendi-sendi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar