Halaman

Cari Blog Ini

Selasa, 08 Oktober 2013

Definisi Konseptual dan Operasional Variabel


Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel satu variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu:
1.    Metode bermain
Bermain merupakan aktifitas jasmani anak yang dilakukan dengan rasa senang, sederhana serta kaitan bermain sebagai wahana pencapaian dengan rasa senang, serta kaitan bermain sebagai wahana pencapaian tujuan pendidikan. Sukintaka, 1992 (dalam Victor G Simanjuntak, dkk 2008:6-3).
              Metode bermain dalam penelitian ini adalah memberikan perlakuan yang merupakan sebuah proses pembelajaran dalam kegiatan latihan dengan unsur-unsur permainan sebagai aktifitas utama dalam pembelajaran.
2.    Menggiring bola
              Menurut Asmar Jaya (2008:66) menggiring bola adalah menendang bola terputus-putus atau pelan-pelan. Menggiring bola bertujuan untuk mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Sedangkan Justinus Lhaksana mendefinisikan bahwa teknik menggiring bola merupakan keterampilan penting dan mutlak harus dikuasai oleh setiap pemain futsal. Menggiring merupakan kemampuan yang dimiliki setiap pemain dalam menguasai bola sebelum diberikan kepada temannya untuk menciptakan peluang dalam mencetak gol. (2011:33).
              Dribbling yang dilakukan siswa ditujukan untuk mengetehui bagaimana kemampuan siswa dalam menggiring bola dengan pengumpulan datanya menggunakan tes perlakuan langsung kepada siswa dalam permainan futsal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar