Halaman

Cari Blog Ini

Minggu, 15 September 2013

Spesies Flora dan Fauna Borneo


Di Kalimantan Barat terdapat berbagai flora dan fauna yang memperkaya pulau Kalimantan, terutama Kalimantan Barat.
ORANG UTAN

Orang Utan
Orang utan merupakan salah satu fauna yang ada di Kalimantan Barat. Fauna ini termasuk fauna yang terancam kepunahannya, karena adanya perburuan liar yang terjadi. Sekarang ini, sering terjadi penebangan hutan secara liar, sehingga menyebabkan orang utan sulit untuk mendapatkan tempat tinggal yang menetap dalam kehidupannya, serta sulit dalam mencari makanannya karena pohon-pohon yang sudah di tebang.

Tubuh orang utan tergolong besar, memiliki tubuh sekitar 110-140cm, sedangkan beratnya sekitar 50kg. makanan orang utan berupa buah-buahan.
Beruang Madu Hilang, Tinggal Bear Brand


New - Bear Brand vs Old - Beruang Madu
Beruang madu merupakan salah spesies hewan yang ada di Kalimantan Barat. Beruang madu ini, merupakan spesies beruang terkecil dari spesies beruang lainnya. Kini, beruang madu yang ada, sudah mulai punah. Ini terjadi karena aktifitas manusia dalam memperdagangkan beruang, sehingga hewan tersebut mendapat perlindungan Undang-Undang.

Beruang madu suka untuk mematahkan cabang-cabang pohon untuk membuat sarangnya. Ketika dilahirkan, beruang madu akan tetap tinggal disarangnya sampai mereka dapat berjalan sendiri untuk mencari makanan, tetapi jika sudah dapat berjalan sekitar 2 tahun, mereka sudah dapat hidup mandiri dan mencari makanannya sendiri.

Ketika kita bertemu dengan beruang madu, kita jangan berjalan maju karena dengan begitu beruang tersebut akan merasa ditantang. Tetapi, yang kita tindakan kita seharusnya berjalan mundur agar tidak diganggu serta merasa ditantang.
Burung Enggang Gading
 

Enggang Gading

Burung Enggang Gading merupakan burung yang menjadi fauna khas Kalimantan Barat, dan terdapat tugu burung tersebut didaerah Kalimantan Barat. Burung dijadikan sebagai simbol budaya dan organisasi bagi masyarakat yang ada di Kalimantan Barat. Dapat dijadikan simbol tersebut karena ukuran kepala dan paruhnya yang besar, tebal, dan kokoh.

Burung Enggang selalu bertengger di pohon-pohon yang tinggi dan mengeluarkan suara dan hempasan sayap yang kuat.


Anggrek Hitam
 
Anggrek Hitam
Anggrek hitam merupakan salah satu flora yang ada di Kalimantan Barat. Dapat ditemukan spesies flora ini di daerah Bukit Kelam, Kalimantan Barat. Flora jenis ini dinamakan Anggrek Hitam karena memiliki lidah yang berwarna hitam dan sedikit berwarna hijau yang bergaris-garis serta berbulu. Flora jenis ini juga merupakan flora khas Kalimantan Barat. Flora ini belum dikatakan langka, karena masih banyaknya orang yang memperdagangkan jenis flora ini, sehingga kita harus tetap melestarikan Anggrek Hitam ini sebelum mengalami kepunahan.




1 komentar: