BAGIAN I
IDENTIFIKASI MATA KULIAH
1.
Nama Mata Kuliah :
Keperawatan Gerontik
2.
Bobot Kredit :
2 SKS ( T=1, P=1)
3.
Fakultas / Jurusan / Program :
Jurusan Keperawatan
4.
Kode Mata Kuliah : Wat
3,12
5.
Status Mata Kuliah/Semester :
MKDK/Semester V 2017-2018
6.
Syarat / Persyaratan : -
7.
Bentuk pengajaran : Kuliah mimbar / Ceramah / Diskusi / Penugasan
8.
Penilaian : Kehadiran Mahasiswa : 10%
Penugasan/Seminar : 25%
Ujian Tengah
Semester : 30%
Ujian
Akhir Semester : 35%
Teori : 50%
Praktek : 50%
9.
Waktu / Masa Perkuliahan :
1 X 60 Menit ( Teori )
10. Dosen Pengasuh : NAMA DOSEN
11.
Tujuan Mata
Kuliah : Pada akhir mata
kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep lansia dan membuat asuhan
keperawatan lansia dengan berbagai masalah dan kebutuhan dalam rentang sehat
sampai sakit.
BAGIAN II
ANALISA INSTRUKSIONAL
(DALAM BENTUK BAGIAN ALUR)
TIU : Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa mampu
memahami tentang konsep keperawatan lansia
secara keseluruhan
14 |
|
13 |
|
12 |
|
11 |
|
10 |
|
9 |
|
8 |
|
7 |
|
6 |
|
5 |
|
4 |
|
3 |
|
2 |
|
1 |
KETERANGAN BAGIAN LUAR
NO |
TUJUAN INSTRUKSIONAL
KHUSUS |
1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep keperawatan
lanjut usia, konsep penuaan, |
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan
tentang perspektif perawatan
lanjut Usia, focus asuhan keperawatan lanjut usia |
3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang penuaan pada
sistem sensori, integumen dan muskuloskeletal |
4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang penuaan pada
sistem neurologis, kardiovaskuler dan pulmonal |
5 |
Mahasiswa mampu
menjelaskan tentang penuaan pada system Endokrin, renal & urinaria, serta gastrointestinal |
6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang penuaan,
immobilitas dan intoleransi aktivitas pada lansia |
7 |
Mahasiswa mampu
menerapkan Pengkajian dan pencegahan jatuh serta penatalaksanaan nyeri |
8 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kanker dan HIV pada
Lansia |
9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan
tugas2 dan perkembangan pada tahun2 terakhir kehidupan dan dinamika keluarga |
10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan salah perlakuan pada lansia. Depresi dan
bunuh diri |
11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Spiritual pada lansia. sistem Reproduksi
wanita dan laki-laki dan Seksualitas |
12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan lansia tunawisma, kematian dan menjelang ajal |
13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan gangguan tidur dan konfusi akut |
14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan demensia pada lansia |
BAGIAN III
POKOK BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN
NO |
POKOK BAHASAN |
SUB POKOK BAHASAN |
1. |
Konsep keperawatan lanjut usia |
1.
Pengertian dan tujuan: a.
Lansia b.
gerontology c.
geriatric d.
keperawatan gerontik e.
Batasan-batasan lanjut usia f.
Tujuan keperawatan geriatric 2.
Konsep proses penuaan.
|
2. |
Perspektif perawatan lanjut Usia |
1.
Perspektif perawatan lanjut usia a.
Pembinaan kesehatan lanjut usia dalam pembinaan
kesehatan keluarga. b.
Perawatan kesehatan lanjut usia di rumah. c.
Profil lanjut usia. d.
Tipologi lanjut usia 2. focus
asuhan keperawatan lanjut usia: a. Upaya peningkatan kesehatan Lansia b. Pencegahan penyakit pada lansia c. Mengoptimalkan fungsi kesehatan mental
bagi lansia d. Mengatasi gangguan kesehatan yang umum e. Kegiatan asuhan keperawatan dasar bagi
lansia f. Tujuan asuhan keperawatan lansia |
3.
|
Penuaan pada sistem sensori, integumen dan muskuloskeletal |
1.
Penuaan pada system
sensori: a.
Penglihatan b.
Pendengaran c.
Perabaan d.
Pengecapan e.
Penciuman f.
Askep pada system
sensori 2.
Penuaan pada sistem
integument a.
Penuaan normal pada system
integument b.
Patofisiologi
gangguan umum sistem integument c.
Askep pada integumen 3.
Penuaan pada sistem musculoskeletal a.
Penuaan normal pada musculoskeletal b.
Masalah sistem
musculoskeletal c.
Askep pada
muskuloskeletal |
4. |
Penuaan pada sistem neurologis, kardiovaskuler dan pulmonal |
1. Penuaan pada sistem neurologis a. Penuaan pada sistem nuerologis b. Patofisiologi defisit neurologis c. Askep pada neurologis 2. Penuaan pada sistem kardiovaskuler a. Penuaan normal pada kardiovaskuler b. Patofisiologi pada kardiovaskuler c. Askep pada kardiovaskuler 3. Penuaan pada sistem pulmonal a. Penuaan normal pada pulmonal b. Patofisiologi gangguan yang sering
terjadi pada pulmonal |
5. |
Penuaan pada sistem endokrin, renal dan urinaria serta gastrointestinal |
1.
Penuaan pada system
endokrin a.
Penuaan normal pada
system normal endokrin b.
Patofisiologi pada
endokrin c.
Askep pada system
endokrin 2.
Penuaan pada system
renal dan urinaria a.
Perubahan terkait
usia pada system renal dan urinaria b.
Patofisiologi pada
renal dan urinaria c.
Askep pada system
renal dan urinaria 3.
Penuaan pada system
gastrointestinal a.
Konsep penuaan pada
system gastrointestinal b.
Askep penuaan pada
system gastrointestinal |
6. |
Penuaan sistem reproduksi wanita dan laki-laki, immobilitas dan
intoleransi aktivitas pada lansia |
1.
Penuaan system reproduksi wanita dan laki-laki a.
Penuaan normal pada system reproduksi wanita dan
laki-laki b.
Patofisiologi system reproduksi wanita dan laki-laki c.
Askep system reproduksi wanita dan laki-laki 2.
Immobilitas dan intoleransi aktivitas pada lansia a.
masalah immobilitas dan intoleransi aktivitas pada
lansia b.
Askep pada immobilitas dan intoleransi aktivitas pada
lansia |
7. |
Jatuh dan nyeri pada lansia |
1. Konsep
jatuh pada lansia a. Penyebab
jatuh b. Pencegahan
jatuh c. Askep
jatuh 2. Konsep
nyeri pada lansia a. Penyebab
nyeri b. Askep
nyeri pada lansia |
8. |
Kanker dan HIV pada lansia |
1.
Kanker pada lansia a.
Macam-macam kanker pada lansia b.
Askep pada kanker 2.
HIV pada lansia a.
Epidemiologo HIV pada lansia b.
Patofisiolobi HIV pada lansia c.
Askep HIV pada lansia |
9. |
Tugas-tugas dan perkembangan pada tahun-tahun terakhir kehidupan dan
dinamika keluarga |
1.
Tugas-tugas perkembangan a.
Konsep tugas-tugas perkembangan b.
Askep pada tugas-tugas perkembangan 2.
Dinamika keluarga a.
Struktur kekuatan dan struktur peran mempengaruhi
fungsi keluarga b.
Berbagai proses keluarga yang mempengaruhi
psikodinamika interaksi keluarga c.
Askep dinamika keluarga |
10. |
Salah perlakuan pada lansia, depresi dan bunuh diri |
1.
Salah perlakuan pada lansia a.
sifat masalah dan manifestasi klinis b.
Askep pada salah perlakuan 2.
Depresi a.
Konsep depresi pada lansia b.
Askep depresi pada lansi 3.
bunuh diri a.
Konsep bunuh diri pada lansia b.
Askep bunuh diri pada lansia |
11. |
Spiritual pada lansia, seksualitas |
1.
Spiritual pada lansia a.
Konsep spiritual pada lansia b.
Askep spiritual pada lansia 2.
Seksualitas a.
Konsep seksualitas pada lansia b.
Askep seksualitas pada lansia |
12 |
Tunawisma, menjelang ajal dan kematian |
1. Tunawisma a. Dampak
tunawisma pada lansia b. Askep
lansia dengan tunawisma 2. Menjelang
ajal dan kematian pada lansia a. Konsep
menjelang ajal dan kematian pada lansia b. Askep
menjelang ajal dan kematian pada lansia |
13. |
Gangguan tidur dan konfusi akut |
1. Gangguan tidur pada lansia a. Konsep gangguan tidur pada lansia b. Askep gangguan tidur pada lansia 2. Konfusi akut pada lansia a. Konsep konfusi akut pada lansia b. Askep konfusi akut pada lansia |
14. |
Demensia pada lansia |
Demensia pada lansia a. Konsep dasar demensia pada lansia b. Askep pada lansia dengan demensia |
GARIS BESAR MATA KULIAH
Mata Kuliah :
Keperawatan Gerontik
Kode Mata Kuliah : WAT 3.5.07
Beban Studi :
2 SKS (T=1, K=1)
Penempatan :
Semester V
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah ini membahas konsep-konsep yang mendasari perawatan kesehatan
lansia dan aplikasinya dalam memberikan asuhan keperawatan meliputi proses
penuaan dan permasalahannya, konsep asuhan keperawatan gerontik dengan
pendekatan proses keperawatan sebagai respon individu dan keluarga sehubungan
dengan penuaan.
Lingkup asuhan keperawatan meliputi peningkatan kesehatan, pencegahan
penyakit, pemeliharaan kesehatan gerontik dan peran serta keluarga dan
masyarakat.
Proses pembelajaran diarahkan untuk memberikan pengalaman belajar,
pemahaman dan keterampilan dalam asuha keperawatan pada lansia melalui kuliah,
diskusi dan pengalaman belajar prraktik lapangan.
B. TUJUAN MATA KULIAH
Pada akhir mata kuliah ini, mahasiswa kompeten dalam:
1.
Memahami konsep keperawatan lanjut usia dan konsep
penuaan
2.
Memahami perspektif perawatan lanjut usia, focus asuhan
keperawatan lanjut usia
3.
Memahami penuaan pada system sensori, integument dan
muskuloskeletal
4.
Memahami penuaan pada system neurologis, kardiovaskuler
dan pulmonal
5.
Memahami penuaan pada system endokrin, renal dan
urinaria serta gastro intestinal
6.
Memahami penuaan pada system reproduksi wanita dan
laki-laki, immobilitas dan intoleransi aktivitas pada lansia
7.
Memahami jatuh dan nyeri pada lansia
8.
Memahami kanker dan HIV pada lansia
9.
Memahami tugas-tugas dan perkembangan pada tahun-tahun
terakhir kehidupan dan dinamika keluarga
10. Memahami
salah perlakuan pada lansia, depresi dan bunuh diri
11. Memahami
spiritual pada lansia, seksualitas pada lansia
12. Memahami
tunawisma pada lansia, menjelang ajal dan kematian
13. Memahami
gangguan tidur dan konfusi akut pada lansia
14. Memahami
demensia pada lansia
C. GARIS BESAR MATA KULIAH
1.
Konsep keperawatan lanjut usia dan konsep penuaan
2.
Perspektif perawatan lanjut usia, focus asuhan
keperawatan lanjut usia
3.
Penuaan pada system:
a.
Sensori
b.
Integument
c.
Musculoskeletal
d.
Neurologis
e.
Kardiovaskuler
f.
Pulmonal
g.
Endokrin
h.
Renal dan urinaria
i.
Gastrointestinal
j.
Reproduksi wanita dan laki-laki
4.
Jatuh dan Nyeri
5.
Kanker dan HIV
6.
Tugas-tugas dan perkembangan pada tahun-tahun terakhir
kehidupan dan dinamika keluarga
7.
Salah perlakuan pada lansia, depresi dan bunuh diri
8.
Spiritual pada lansia dan seksualitas
9.
Lansia tunawisma, menjelang ajal dan kematian
10. Gangguan
tidur dan konfusi akut
11. Demensia
pada lansia
12. Asuhan
keperawatan pada lanjut usia.
D. RUJUKAN
1.
Carol, K.R. & Sue Ann (…….), Adult Health Nursing : a Biopsicho Social Approach, Addison-Wesley
Publ. Co., Philadelphia.
2.
Depkes RI (2001), Pedoman
Pembinaan Kesehatan Usila Bagi Petugas Kesehatan.
3.
Depkes RI (2003), Pedoman
Perawatan Kesehatan Usila di Rumah.
4.
Lueckenotte (2000), Gerontologic
Nursing, 2nd, Mosby Years Book Inc.,
5.
M. Aniek (1998), Pengkajian
Gerontology, EGC, Jakarta.
6.
Nugroho Wahyudi (2000), Keperawatan Geronti, EGC, Jakarta.
SILABUS
ALOKASI WAKTU
Beban Satuan Kredit Semester (SKS)
1.
Jumlah minggu efektif
dalam proses pembelajaran selama 1 semester adalah 16 minggu
2.
Pengalaman belajar
terdiri dari :
a. Teori 1 SKS = 1 X
60 Menit X 14 minggu
b. Klinik 1
SKS = 1
X 170 Menit X14 minggu
------------------------------------------------
RENCANA PEMBELAJARAN TEORI
TM |
TPK |
TOPIK BAHASAN |
WAKTU |
METODE
|
DOSEN |
1 |
Mahasiswa Memahami konsep
keperawatan lanjut usia. |
1.
Pengertian dan tujuan: a.
Lansia b.
Gerontology c.
Geriatric d.
keperawatan gerontik e.
Batasan-batasan lanjut usia f.
Tujuan keperawatan geriatric 2.
Konsep proses penuaan. a.
Teori Biologi b.
Teori Stress c.
Teori radikal bebas d.
Teori rantai silang e.
Teori program f.
Cell theory g.
Teori autoimum h.
Factor-faktor yang mempengaruhi penuaan |
50
Menit |
PBC |
Yuslana,SST,M.Kes |
2 |
Mahasiswa Memahami perspektif
perawatan lanjut usia |
1.
Perspektif perawatan lanjut usia: a.
Pembinaan kesehatan lanjut usia dalam pembinaan
kesehatan keluarga b.
Perawatan kesehatan lansia di rumah c.
Profil lansia d.
Tipologi lansia 2.
Focus asuhan keperawatan lanjut usia: a.
Upaya peningkatan kesehatan lansia b.
Pencegahan penyakit pada lansia c.
Mengoptimalkan fungsi kesehatan mental bagi lansia d.
Mengatasi gangguan kesehatan umum e.
Kegiatan asuhan keperawatan dasar bagi lansia f.
Tujuan asuhan keperawatan lansi |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Yuslana, SST,M.Kes
|
1 |
Mahasiswa memahami penuaan pada
system sensori, integument dan muskuloskeletal pada lansia |
1.
Penuaan pada system
sensori a.
Penglihatan b.
Pendengaran c.
Perabaan d.
Pengecapan e.
Penciuman f.
Askep pada system
sensori 2.
Penuaan pada system
integument a.
Penuaan normal pada
system integument b.
Patofisiologi
gangguan umum system integument c.
Askep pada integumen 3.
Penuaan pada system
musculoskeletal a.
Penuaan normal pada
system musculoskeletal b.
Askep pada
muskuloskeletal |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Yuslana,SST, M.Kes |
2 |
Mahasiswa Memahami penuaan pada
system neurologis, kardiovaskuler dan pulmonal |
1.
Penuaan pada system neurologis a.
Penuaan pada system neurologi b.
Patofisiologi deficit neurologis c.
Askep pada neurologis 2.
Penuaan pada system kardiovaskuler a.
Penuaan normal pada kardiovaskuler b.
Patofisiologi pada kardiovaskuler c.
Askep pada kardiovaskuler 3.
Penuaan pada system pulmonal a.
Penuaan normal pada pulmonal b.
Patofisiologi gangguan yang sering terjadi pada
pulmonal c.
Askep pada pulmonal |
50 Menit |
PBC/ Penugasan |
Ns.
Nurbani M.Kep |
3 |
Mahasiswa Memahami penuaan pada
system endokrin, renal dan urinaria serta gastrointestinal |
1.
Penuaan pada system
endokrin a.
Penuaan normal pada
system endokrin b.
Patofisiologi pada
endokrin c.
Askep pada system
endokrin 2.
Penuaan pada renal
dan urinaria a.
Perubahan terkait
usia pada system renal dan urinaria b.
Patofisiologi pada
renal dan urinaria c.
Askep pada system
renal dan urinaria 3.
Penuaan pada system
gastrointestinal a.
Konsep penuaan pada
system gastrointestinal b.
Askep penuaan pada
system gastrointestinal |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Ns.Nurbani,
M.Kep |
4 |
Mahasiswa Memahami penuaan pada
system reproduksi wanita dan laki-laki, immobilitas dan intoleransi aktivitas
pada lansia |
1.
Penuaan system reproduksi wanita dan laki-laki a.
Penuaan normal pada system reproduksi wanita dan
laki-laki b.
Patofisiologi system reproduksi wanita dan laki-laki c.
Askep system reproduksi wanita dan laki-laki 2.
Immobilitas dan intoleransi aktivitas pada lansia a.
Masalah immobilitas dan intoleransi aktivitas pada
lansia b.
Askep pada immobilitas dan intoleransi aktivitas pada
lansia |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Yuslana,
SST,M.Kes |
5 |
. Mahasiswa Memahami jatuh dan
nyeri pada lansia |
1.
Konsep jatuh pada lansia a.
Penyebab jatuh b.
Pencegahan jatuh c.
Penanganan jatuh d.
Askep jatuh 2.
Konsep nyeri pada lansia a.
Penyebab nyeri b.
Penanganan nyeri c.
Askep nyeri |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Yuslana,SST,M.Kes |
|
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||
6 |
Mahasiswa Memahami kanker dan
HIV pada lansia |
1.
Kanker pada lansia a.
Macam-macam kanker pada lansia b.
Askep kanker pada lansia 2.
HIV pada lansia a.
Konsep HIV b.
Askep HIV |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Yuslana,
SST, M.Kes |
7 |
Mahasiswa Memahami tugas-tugas
dan perkembangan pada tahun-tahun terakhir kehidupan dan dinamika keluarga |
1. Tugas-tugas
perkembangan a. Konsep
tugas-tugas perkembangan b. Askep
pada tugas-tugas perkembangan 2. Dinamika
keluarga a. Struktur
kekuatan dan struktur peran mempengaruhi fungsi keluarga b. Berbagai
proses keluarga yang mempengaruhi psikodinamika interaksi keluarga c. Askep
dinamika keluarga |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Yuslana,
SST, M.Kes |
8 |
Mahasiswa Memahami salah
perlakuan pada lansia, depresi dan bunuh diri |
1. Salah
perlakuan pada lansia a. Sifat
masalah dan manifestasi klinis b. Askep
pada salah perlakuan 2. Depresi a. Konsep
depresi pada lansia b. Askep
depresi pada lansia 3. Bunuh
diri a. Konsep
bunuh diri pada lansia b. Askep
bunuh diri pada lansia |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Ns.Nurbani,M.Kep |
9 |
Mahasiswa Memahami spiritual
pada lansia, seksualitas |
1. Spiritual
pada lansia a. Konsep
spiritual pada lansia b. Askep
spiritual pada lansia 2. Seksualitas a. Konsep
seksualitas pada lansia b. Askep
seksualitas pada lansia |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Ns.Nurbani,M.Kep |
10 |
Mahasiswa Memahami tunawisma,
menjelang ajal dan kematian |
1. Tunawisma a. Dampak
tunawisma pada lansia b. Askep
lansia dengan tunawisma 2. Menjelang
ajal dan kematian pada lansia a. Konsep
menjelang ajal dan kematian pada lansia b. Askep
menjelang ajal dan kematian pada lansia |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Ns.Nurbani,M.Kep |
11 |
Mahasiswa Memahami gangguan
tidur dan konfusi akut |
1. Gangguan
tidur pada lansia a. Konsep
gangguan tidur pada lansia b. Askep
gangguan tidur pada lansia 2. Konfusi
akut pada lansia a. Konsep
konfusi akut pada lansia b. Askep
konfusi akut pada lansia |
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Ns.Nurbani,M.Kep |
12 |
Mahasiswa Memahami demensia
pada lansia |
Demensia pada lansia
|
50
Menit |
PBC/ Penugasan |
Ns.Nurbani,M.Kep |
|
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar