Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 17 Oktober 2018

SOAL MANAJEMEN KEPERAWATAN ( PENGORGANISASIAN DALAM KEPERWATAN)


SOAL MANAJEMEN KEPERAWATAN

1.      Suatu langkah untuk menetapkan, mengelompokkan dan mengatur berbagai macam kegiatan, penetapan tugas-tugas dan wewenang seseorang, pendelegasian wewenang dalam rangka mencapai tujuan merupakan pengertian dari
a.         Perencanaan
b.        Pengorganisasian.
c.         Pelaksanaan
d.        Controling
e.         Evaluating

2.      Proses keperawatan tentunya berhubungan dengan manajemen keperawatan. Dibawah ini proses keperawatan yang berhubungan dengan manajemen keperawatan pengorganisasian adalah...
a.         Pengkajian dan Diagnosa
b.         Perencanaan
c.         Implementasi
d.        Perencanaan dan Implementasi.
e.         Evaluasi dan Dokumentasi

3.      Sebagai pekerja sebuah departemen keperawatan, perawat dapat memegang beberapa
jabatan pada waktu yang sama misalnya kepala perawat tertentu merupakan bawahan bagi atasannya, seorang supervisor bagi staf perawatnya, rekan kerja kepala perawat lainnya Contoh tersebut termasuk dalam konsep pengorganisasian yaitu...
a.         Peran.
b.         Kekuasaan
c.         Status
d.        Wewenang
e.         Komunikasi







4.      Dibawah ini yang bukan merupakan suatu fungsi pengorganisasian adalah ...
a.         Memberikan arahan dan pemusatan suatu kegiatan dalam mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan
b.         Meningkatkan kemampuan suatu anggota dalam mendapatkan sebuah sumber daya dan dukungan dari suatu lingkungan masyarakat.
c.         Bisa memberikan sebuah pengetahuan yang baru kepada anggotanya
d.        Meningkatkan dan memantau jalannya suatu perencanaan agar berjalan dengan baik.
e.         Memudahkan dalam pembagian tugas yang sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan dari masing – masing anggota

5.      Perawat X bertanggung jawab dalam asuhan keperawatan selama 24 jam terhadap klien yang menjadi tanggung jawabnya mulai dari masuk sampai pulang dari rumah sakit. Metode keperawatan apa yang sedang digunakan oleh perawat tersebut ...
a.         Metode Fungsional
b.         Metode Tim keperawatan
c.         Metode Alokasi Klien
d.        Metode Keperawatan Primer.
e.         Metode Modular

6.      Disuatu bangsal di rumah sakit terdapat perawat yang bertugas sesuai pembagian tugas yang telah ditetapkan oleh kepala ruangan. Perawat A tugasnya menyuntik, perawat B tugasnya mengukur suhu badan klien. Berdasarkan dari penjelasan diatas metode keperawatan apa yang digunakan...
a.    Metode Fungsional.
b.    Metode Tim keperawatan
c.    Metode Alokasi Klien
d.   Metode Keperawatan Primer
e.    Metode Modular





7.      Dirumah sakit perawat harus melakukan timbang terima atau yang biasa kita sebut Operan yang mana perawat berkomunikasi untuk memberikan informasi kepada perawat lainnya tentang keadaan pasien. Model komunikasi yang sering digunakan perawat dalam hal tersebut adalah...
a.    Komunikasi Tertulis
b.    Komunikasi Secara langsung/ Verbal
c.    Komunikasi Tertulis dan Secara langsung/Verbal.
d.   Komunikasi Non Verbal
e.    Komunikasi Secara langsung/ Verbal dan Non Verbal

8.      Seorang kepala ruangan memberikan intruksi kerja dan menyampaikan informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku kepada staf atau bawahannya. Penjelasan diatas termasuk dalam alur komunikasi....
a.    Komunikasi Vertikal
b.    Komunikasi Horizontal
c.    Downward Communication.
d.   Upward Communication
e.    Komunikasi Sejawat

9.      Komunikasi dari pimpinan ke staff, dan dari  staf ke pimpinan dengan cara timbal balik (two way traffic communication merupakan pengertian dari...
a.    Komunikasi Vertikal.
b.    Komunikasi Horizontal
c.    Downward Communication
d.   Upward Communication
e.    Komunikasi Sejawat


1.    Didalamnya mempunyai tujuan dan sasaran dalam mencapai tujuan
2.    Mempunyai suatu komponen yaitu atasan dan bawahan
3.    Adanya kerja sama yang terstruktur
4.    Mempunyai pendegelasian wewenang dan sebuah koordinasi tugas-tugas. 
5.    Mempunyai sebuah keterikatan format dan tatat tertip yang harus ditaati.
10.  Dari keterangan diatas yang merupakan ciri- ciri organisasi adalah....
a.    1 dan 2
b.    1,2, dan 3
c.    3, 4 dan 5
d.   4 dan 5
e.    Semua benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar